Hidup --> ada banyak yang bisa dikerjakan, banyak yang dipikirkan, berbagai macam dapat direncanakan dan tidak sedikit pula yang telah diciptakan oleh hidup. Tetapi semuanya bisa bernilai hampa bahkan jauh dari tatapan mata ketika itu tidak dinikmati oleh orang lain terutama kerabat dekat kita. -dedygarcia.

Senin, 05 Maret 2012

Rotating System

Posted by Dedy Richjon Simatupang On 01.16 No comments


Di dalam Rig pengeboran ada beberapa sistem yang berkerja, terdiri dari, sistem pengangkat atau hoisting system, penggerak utama atau power system, sistem berputar atau rotating sistem, pompa dan sirkulasi atau circulation system, peralatan kontrol, peralatan sensor dan peralatan yang lainnya. Sistem dan peralatan ini beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan selama operasi pengeboran.

Diskusi kita kali ini akan menekankan ke sistem berputar atau rotating system. Sistem ini adalah salah satu metode untuk memungkinkan bit dapat membuat lubang didalam formasi. Dengan menggunakan beberapa peralatan yang dapat memutar bit, juga dilakukan RIH (Run In Hole) dan POOH (Pull Out of Hole) untuk menyelesaikan operasi eksplorasi ataupun eksploitasi. Peralatan tersebut juga harus menyediakan jalannya aliran sehingga fluida pengeboran dapat dipompa ke bawah dari permukaan ke bit.

Peralatan yang berputar ini cukup panjang biasanya sih berkisar antara 30 m sampai 3000 m, atau tergantung program sumur yang akan dikerjakan. Oleh karena itu, dalam beberapa kasus peralatan harus memiliki kekuatan yang tinggi juga untuk mendukung beban yang lebih dari 300.000 lbs ketika rangkaian string terjebak dalam lubang. Selain itu, harus cukup kuat juga untuk menangani tekanan lumpur yang mengalir yang dapat melebihi 3500 psi.

Peralatan rotating ini dibagi menjadi dua bagian yakni peralatan permukaan atau surface equipment, yang meliputi segala sesuatu prealatan yang ada di atas dasar Kelly, dan peralatan downhole atau downhole equipment, yang mencakup semua peralatan di bawah kelly. Peralatan downhole ini juga biasa disebut sebagai downhole assembly.

Untuk Surface equipment susunan mulai dari atas mencakup :
- Spring swivel
- Swivel
- The Kelly spinner ( jika digunakan )
- Upper kelly cock ( safety shut-off valve )
- Kelly
- Kelly drive bushing dengan rotary table
- Lower kelly cock
- Kelly saver sub



Untuk Downhole equipment mencakup semua peralatan dibawah kelly . Secara umum pengertiannya juga mencakup setuap perlatan didalam lubang seperti fishing tool, mud motor atau perlatatan Directional Drilling dan perlatan lainnya yang mungkin dibutuhkan.Dibawah ini susunan standard downhole assembly mulai dari atas:
- Drill pipe ( DP )
- Heavy-Weight DP ( HWDP )
- Drill Collar ( DC )
- Bit



dedyRIGzone

0 komentar:

Posting Komentar